Gandrung - Ikon Bumi Blambangan



Gandrung adalah salah satu jenis tarian rakyat yang berasal dari Banyuwangi
Kata "Gandrung" artinya adalah terpesonanya, dimana dihubungkan dengan terpesonanya masyarakat Banyuwangi yang hidup agraris, kepada "Dewi Sri" yg diyakini sebagai Dewi Padi di sawah yang membawa kesejahteraan bagi masyarakat.

Tarian Gandrung dibawakan sebagai perwujudan rasa syukur masyarakat setiap habis panen, dengan menampilkan seorang atau beberapa wanita penari profesional yang berpakaian kuluk/omprog di kepala serta baju yang penuh dengan ukiran seni warna dominan keemasan-hitam-disebut gandrung.

Tamu yang hadir (pria dan wanita) juga diberi kesempatan untuk menari dan bersuka cita bersama, dinamakan Maju Gandrung.
Tari Gandrung diiringi dengan alat musik seperti kendang, kempul, biola, gong, dan perkusi (keluncing), serta pesindan yang menyanyilan lagu-lagu puisi Bahasa Osing yg penuh makna.

Tari Gandrung yg sering dibawakan (paling umum)
1.Tari  "Jejer Gandrung"
Tari ini adalah tari pembukaan, dimana gandrung mengiring dan menyambut serta mempersilahkan para tamu untuk hadir dan ikut menikmati kebersamaan.
2.Paju Gandrung
Menari bersama mengitari gandrung dan maju mendekat kepada gandrung bergantian. Bagi tamu yg ketiban sampur (selendang) maka harus maju menari bersama gandrung, dan seterusnya.





Nah itu dia guys, sejarah dan cerita singkat gandrung yang pernah saya pahami. tentunya masih banyak versi dong, namun seperti itulah yang saya dengar. Gandrung ini salah satu tarian tradisional Banyuwangi yang paling populer, tidak heran dong kalau Banyuwangi ini juga disebut sebagai kota Gandrung.
Kebetulan juga saya suka menari, jadi saya sangat mengagumi tarian gandrung. jadi pengen belajar gitu 😆 dan dari cerita yang saya dengar juga dari salah satu pakar budayawan banyuwangi, dalam setiap gerakan gandrung itu selalu ada maknanya tersendiri guys jadi tidak hanya sekedar gerakan tari biasa. wah keren juga ya. Satu lagi nih , lagu atau Gendhing (dalam bahasa using) pengiring tarian gandrung dalam setiap syairnya juga ada unsur maknanya.

Sekedar informasi juga nih, kalau kalian ingin menyaksikan tarian gandrung secara gratis dan mengenal lebih dalam lagi tentang budaya banyuwangi. Ada salah satu rumah makan banyuwangi yang sangat mengusung tema tradisional using dan mengenalkan budaya banyuwangi kepada setiap pengunjungnya, yaitu Waroeng Kemarang, yaps! kalian bisa menonton pertunjukan gandrung setiap sabtu malam minggu mulai jam 19.00 WIB - selesai di Waroeng Kemarang yang ada di Jl. Perkebunan Kalibendo KM 5 Desa Tamansuruh - Glagah Banyuwangi.

Ngomong - ngomong itu foto waktu saya sedang MC acara tertentu di Waroeng Kemarang yang juga menampilkan Tarian Gandrung guys 😀 penari gandrungnya ramah - ramah kok jadi kalian juga bisa eksis selfie bareng penari gandrungnya 😃

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOSIAL "DUNIA SEORANG PENYIAR RADIO"

Mystic Of Barong Emas Waroeng Kemarang