SOSIAL "DUNIA SEORANG PENYIAR RADIO"



Nah guys , menurut kamu apa sih yang bikin Happy ? banyak dong!! hehe salah satunya , ketika kita dibayar untuk melakukan hal yang sangat kita suka. Tentunya kita sangat bahagia sekali bahkan bangga ketika kita menerima pekerjaan sesuai dengan passion kita. 

Well, salah satu pekerjaan yang aku sukai adalah menjadi penyiar radio. ya, menurut saya menjadi penyiar radio itu unik dan seru. itulah kenapa sejak di bangku SMA , saya sudah mulai bekerja sebagai penyiar di salah satu station radio swasta di Banyuwangi.
Yang awalnya hanya sekedar jadi penggemar radio, request lagu via radio, dan juga suka kirim salam melalui radio, akhirnya aku berkeinginan juga jadi seorang penyiar radio 😊
 


"Lewat radio aku sampaikan... kerinduan yang lama terpendam..." Penggalan lirik dari band fenomenal Sheila On 7 ini memang cocok banget buat merepresentasikan keadaan radio dan anak muda era 90an.

Bagi saya, penyiar radio memang suatu pekerjaan yang mulia, karena kita dengan sukarela ikhlas memberikan informasi akurat  kepada siapapun, bahkan kita bisa menghibur orang yang tanpa harus kita kenal hanya melalui suara dan menyuguhkan lagu - lagu sesuai keiinginan. 
Melalui radio , kita bisa mendekatkan orang yang jauh hanya dengan suara dan salam, seru kan heheπŸ˜‚
Jadi Penyiar Itu Memang menyenangkan. Penyiar bisa membuat kebahagiaan untuk banyak orang yang mendengarkan. Punya banyak waktu luang, bisa dengerin musik favorit sesukanya, bahkan punya fans juga wkwkw itu yang aku alamin sih πŸ˜†
Berawal dari hobi dan berakhir menjadi pekerjaan. Mungkin sebelumnya memang hobi mendengarkan radio, akhirnya jadi punya mimpi bisa jadi penyiar. Terinspirasi untuk bisa menjadi penyiar profesional dan inspirasi itulah yang di gunakan untuk terus belajar.


Tapi sayang banget, peran radio kini telah tergeser oleh perangkat digital lainnya seperti internet. zaman now, mereka lebih memilih media sosial sebagai sumber informasi dan hiburan lainnya, padahal radio itu salah satu pemberi informasi yang aktual lo. 
Namun walau begitu, radio punya kesan tersendiri bagi mereka pendengar setia. Nah guys, aku mau berbagi nih kelebihan radio dibanding lainnya, sekaligus juga buat mereka anak 90-an kali aja dalam mode Flashback πŸ˜‚
1. Dengan Radio kita bisa request lagu untuk seseorang yang tersayang πŸ˜€ ceeiileeeehh
kadang juga kita bisa request lagu sesuai mood kita. misalnya aja nih, kalau kita lagi galau atau putus cinta pastinya kita selalu request lagu mellow kan, begitu sebaliknya
2. Kita bisa curhat bareng penyiar lo, yaps. sering kali dalam program acara radio ada sesi curhat-curhatan hehe 
3. Kirim Salam untuk gebetan atau juga dengan kerabat. ini yang paling sering nih.. 
"kirim salam buat dina yang lagi diperjalanan, Hati hati yaa. miss you"
 hayooo siapa yang dulu suka kirim salam kaya gitu πŸ˜€
4. Nyimak Tips - tips kehidupan termasuk cinta
biasanya penyiar sering banget membagikan informasi atau Tips dan yang paling umum adalah membacakan Zodiak hehe
5. yang paling seru adalaahh pendengar membayangkan gimana cakepnya sang penyiar dengan suara merdunya πŸ˜‚, kadang juga kita asik nyimak talkshow dari penyayi idola.. wahh banyak banget pokonya keseruan dengerin radio yang tidak bisa kita bandingkan dengan yang lain.



Sedihnya aku... Beberapa orang menganggap kalau penyiar cuma bisa asal bicara dengan informasi dari artikel yang didapat di google. Beberapa lagi, beranggapan jadi penyiar itu adalah pekerjaan yang mudah, jadi penyiar cuma bisa muter lagu yang di request tanpa perlu banyak bicara, asal baca sms dianggap pekerjaan selesai. Just It !!! (hellaawwww, mereka hanya bisa berkomentar namun tidak bisa melakukan, yaa itu aja sih jawaban aku ketika ada orang yang celetuk seperti itu)

Yaah itulah kata orang yang gak pernah tau apa yang sebenarnya dilakukan oleh kami, Penyiar Radio. Kami bukan hanya duduk manis lalu bicara memberikan informasi ini dan itu. Inilah dunia yang semakin luas dan bisa memberikan kalian akses lebih untuk memantau segalanya dari balik kotak siaran. Banyak hal yang kami lakukan disaat banyak orang yang sedikit ragu dengan pekerjaan ini. Mungkin memang terlihat mudah, tapi ini kami dengan berjuta ceritanya.

Bagi saya, kerja di radio itu menyenangkan. Anti stress dan bisa memberikan cukup ruang untuk terus berkembang, mengasah kemampuan diri. Bahkan untuk mengembangkan bakat-bakat terpendam lainnya, selain keahlian dari hanya sekedar menjadi seorang penyiar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gandrung - Ikon Bumi Blambangan

Mystic Of Barong Emas Waroeng Kemarang